Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan kompetisi ilmiah bergengsi antara perguruan tinggi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Ristekdikti. PKM yang sudah kuikuti tiap tahun sejak pertama kuliah dan tahun ini merupakan tahun terakhirku berpartisipasi dalam kompetisi ini. Secara pribadi, aku selalu saja ikut dalam kondisi yang terpaksa atau bukan karena kemauan sendiri, kalau bukan diajak ya itu karena intruksi dari dosen di program studiku.

Histori PKM selama aku kuliah:


PMMB singkatan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan program kerja bersama FHCI (Forum Human Capital Indonesia), BUMN dan Perguruan Tinggi di Indonesia dengan maksud untuk menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global[1].

Bertujuan untuk menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, Kandidat rekrutment untuk BUMN terkait, dan Menciptakan SDM yang berjiwa Entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN.

Aku punya cerita tentang PMMB mulai dari awal hingga terpilihnya aku sebagai salah satu mahasiswa yang berpartisipasi pada program FHCI tersebut. Sekitar bulan Februari atau Maret 2019 sementara sibuknya mengerjakan tugas akhir, aku juga bingung setelah tugas akhir selesai aku ingin lanjut kemana…


CNC singkatan dari Computer and Network Community merupakan komunitas di program studi ku di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Salah satu program kerjanya yaitu Goes to School yaitu dimana kita datang ke sekolah SMA atau SMK membawakan materi ringan yang cukup untuk sehari.

Kesempatan ini, pihak sekolah yang disepakati sebagai tujuan kami yaitu SMK 2 Pinrang, diberi pilihan materi programming atau networking. Namun, pilihan jatuh pada networking sehingga aku yang berkesempatan membawakan materi di Goes to School di SMK 2 Pinrang, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya aku pernah mengajar siswa SMK tapi cuma beberapa, tapi kali ini mungkin sekitar 40 orang. Jauh hari…


Kisah ini merupakan potongan dari prosesku dalam mengerjakan tugas akhir di perkuliahan. Judul tugas akhirku yang rencananya disangkutkan dengan proyek membangun infrastruktur big data hanya dalam 3 bulan membuatku tanpa mikir dan percaya diri kalo aku bisa selesai skripsi di akhir tahun 2018. Sebelum aku memutuskan untuk ikut, dosen ku ingin meminta komitmen ku dan teman-teman untuk serius mengerjakan ketika join nanti.

Bulan Oktober 2018, proyek tersebut dimulai dengan rapat membahas plan dan sosialisasi ke beberapa dinas pemerintah. Saat itu aku juga harus menyiapkan proposal tugas akhir yang cukup mengambil kesibukan sehingga aktivitas ku berbeda dengan teman lainnya yang bisa…


Sebelum memulainya, terlebih dulu aku bersyukur kepada Tuhan pencipta semesta ini. Tidak terjadi sesuatu jika bukan karena ridhoNya. Aku masih ingin flashback membahas masa praktik kerja ku di Btech , mungkin dikarenakan itu first time ku keluar dari pulau Sulawesi menyerahkan segalanya kepadaNya. Dimulai dari take off UPG — CGK hingga sepuluh pekan kemudian landing CGK — UPG.

Pekan pertama di Bogor, aku ditelpon sama tante yang tinggal di Bekasi. Dia nyuruh aku jalan-jalan kalau hari sabtu dan ahad katanya kapan lagi mumpung lagi ada di Jabodetabek. Berikut rincian liburan yang dirangkaikan dengan kerja praktik :

BOTANI SQUARE (27/6/2018) —…


Selain lomba (Baca: Keamanan Jaringan 2018) sekalian kita juga jalan-jalan disana, mulai dari yang dekat penginapan sampai ke Kebun Binatang Surabaya. Pertama kali ke Surabaya tentunya yang ditemui pertama adalah bandaranya ya mirip-miriplah suasana bandara pada umumnya. Kita menunggu dijemput sama teman-teman PENS.

Kirain pas nyampe disana, orangnya melogat mirip pas aku lagi di Jakarta ternyata bueeda banget, disini ngomongnya lebih kental dan berat kalau sebut huruf B. Kita diantar-jemput dengan bis miliknya PENS ke Hotel Sahid Surabaya, bagusnya karena disana dekat mall dan stasiun kereta.

Cerita tentang lomba ku skip ya…

Malamnya setelah lomba, kirain sudah pada tepar ternyata…


2 Oktober 2018 — Dimulai ketika aku duduk di lab sambil makan salad buah, aku diajak sama temen untuk ikut mengantarkan bantuan yang telah kami kumpulkan dari teman kelas, kakak dan adek kelas, serta dosen dari program studi Teknik Komputer dan Jaringan di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Saat diajak oleh teman, aku menolaknya. Kemudian orang yang makan salad buah denganku bilang “beda itu kalau kita sendiri yang berikan secara langsung”, seketika aku berpikir keras dan tidak bisa menolak perkataannya karena hatiku membenarkan.

Aku cepat menghabiskan salad buah itu lalu shut down laptop, ketika teman ku yang mengajak sekali lagi “ayo…


Tahun baru? Sudah berapa lama aku tidak merayakan sebagaimana orang diluar sana merayakannya. Tahun baru muslim itu 1 Muharram bukan 1 Januari, jadi sama seperti hari lain aku tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tidur di jam tidur biasanya. Berdasarkan ajaran agama Islam tidak boleh ikut-ikut merayakan, bahkan petasan juga aku tidak ingin melihatnya karena menurutku itu bukan suatu bentuk syukur kepada Allah, diberi harta malah dipakai buat beli begituan. Oke stop bahas lebih lanjut, aku hanya ingin me-review semua aktivitas ku tahun 2018 dan banyak hal yang telah terjadi.

POCKY PHOTOGRAPHY — Di awal 2018 kemarin aku take foto di…


KMIPN bidang kemanan jaringan terdiri dari beberapa tahap, tes online dua kali kemudian 10 besar bakal dipertemukan di PENS. Ketika informasi login untuk tes teori sudah ada via email, aku merencanakan kerja bareng antar tim di kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang pada hari Ahad.

Seleksi online tim W1BU404

KMIPN merupakan singkatan dari Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional yang diselenggarakan pertama kali sepanjang sejarah politeknik se-Indonesia. Ristekdikti dan berkolaborasi dengan PENS (Politeknik Elektro Negeri Surabaya). Bidang lomba yang dikompetisikan di KMIPN 2018 diantaranya :

Bidang keamanan jaringan jaringan salah satu bidang lomba yang tidak membutuhkan proposal untuk berpartisipasi, karena info yang sampai telat jadi kami ada lima tim mengikuti bidang lomba yang sama. Aku mengajak yang lainnya dengan bahasa “coba saja dulu, lagipula gratis lumayan dapat pengalaman sapa tau bisa jalan-jalan ke surabaya”. Lagipula…

Hasbullah Marwan

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store